4 Cara Mudah dan Sederhana agar Cepat Hamil setelah Operasi Kuret

Sebagian besar ibu muda yang rahimnya baru saja dibersihkan melalui operasi kuret biasanya tidak sabar segera ingin hamil lagi. Sayangnya, sempat ada anjuran untuk tidak hamil dulu sampai 3 bulan pasca kuret. Tapi kini, agar cepat hamil lagi, Anda hanya perlu menunggu normalnya siklus menstruasi, apalagi jika menerapkan cara mudah dan sederhana berikut.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Cara ini paling sederhana tapi mungkin sulit bagi Anda yang belum terbiasa untuk lepas dari segala macam gorengan dan junk food. Tapi, jika Anda memiliki keinginan kuat untuk cepat pulih sehingga bisa segera hamil lagi, sebaiknya Anda menerapkan cara ini sepenuhnya.

Makanan sehat yang Anda konsumsi harus mengandung protein, vitamin, dan mineral tinggi. Selain itu, kurangi minum kopi dan minuman lainnya yang menjadi pemicu meningkatnya denyut jantung atau merangsang sistem saraf.

  1. Minum Suplemen Asam Folat

Pada umumnya, dokter kandungan akan menyarankn Anda untuk mengonsumsi suplemen asam folat agar cepat hamil lagi. Asam folat ini sangat penting untuk persiapan kehamilan karena fungsinya dalam membantu proses perkembangan otak bayi pada awal-awal kehamilan atau selama masih berupa janin di dalam perut.

  1. Hidup Lebih Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan cara menghindari asap rokok dan kendaraan. Sayangnya, terkadang sulit untuk menghindari polusi jika Anda bukan termasuk orang ‘rumahan’. Meski demikian, Anda bisa menyiasati masalah ini dengan menggunakan masker saat ke luar rumah dan menggunakan pakaian tertutup.

Untuk wanita Muslimah, pakaian takwa yang menutup aurat sudah menenuhi syarat ini. Selain itu, jangan pernah tergoda untuk meminum minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang. Bahkan, obat warung untuk sekadar sakit kepala pun sebaiknya sebisa mungkin dihindari, apalagi narkoba yang bisa menjadi pemicu terulangnya keguguran dan kuret.

  1. Berhubungan Intim 3 Kali Sepekan

Di antara cara lainnya, Anda tentu sepakan jika cara inilah yang termudah dan sederhana. Lagipula, jika dipikir secara rasional, semakin sering berhubungan intim membuat peluang hamil Anda memang menjadi lebih besar. Jadi, jangan ragu untuk melakukannya setelah Anda benar-benar pulih dari arsa sakit setelah operasi kuret.

Kuantitas yang dianjurkan adalah melakukannya secara teratur sekitar 3 kali dalam sepekan. Cara ini juga efektif untuk Anda yang kesulitan menentukan masa subur Anda. Umumnya dalam 1 bulan, jika Anda menerapkan cara ke-4 ini, maka kemungkinan besar bertemunya masa subur saat berhubungan intim adalah 1-3 kali.

Selain itu, agar cepat hamil lagi setelah operasi kuret, Anda harus mengikuti saran dokter. Tanyakan atau konsultasikan apa yang ingin Anda tanyakan terkait keinginan Anda untuk bisa segera hamil lagi. Dengan demikian, proses penyembuhannya bisa berjalan lebih cepat, begitupula dengan siklus menstruasi Anda bisa segera kembali normal.