KENALI MASALAH YANG SERING TERJADI PADA GENSET DAN CARA PENANGANANNYA

Genset sebagai alat pengganti pada saat listrik mati, juga memiliki komponen-komponen yang terletak di dalamnya, serta komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Hal umum yang sering terjadi pada genset yaitu overspeed, karena adanya beberapa gangguan pada sistem injeksi bahan bakar mesin genset.

Karena, sama dengan hal lainnya, genset juga memiliki batasan putaran dalam bekerja. Oleh karena itu, gunakan genset dengan kekuatan dan daya yang maksimal sesuai dengan kebutuhan. Beberapa gangguan yang bisa terjadi pada genset:

  • Mesin tidak bisa menyala, pada kejadian ini biasanya mesin tidak menyala dikarenakan baterai lemah atau mati. Atau bisa juga terjadi karena putusnya kawat listrik yang menjadi penyebab dari timbulnya masalah.
  • Mesin tiba-tiba mati saat di start up, pada saat keadaan seperti ini disebabkan karena tersumbatnya tangki bahan bakar. Untuk mencegah hal tersebut Anda bisa membuang air yang ada dalam tangki bahan bakar serta membersihkan lubang ventilasi tangki bahan bakar.
  • Gangguan pada isolasi, gangguan ini bisa disebabkan dari terjadinya beberapa kerusakan pada pendingin generator atau tegangan yang berlebihan. Tegangan yang berlebihan ini bisa disebabkan karena putaran mesin yang tidak stabil. Jika putaran mesin pada genset tidak berfungsi dengan normal dapat diketahui dari suara yang ditimbulkan oleh genset, Jika suara yang dikeluarkan naik-turun, maka dapat dipastikan genset sedang mengalami putaran mesin yang tidak stabil.
  • Gangguan pada arus listrik yang keluar, gangguan ini terjadi pada saat beban berlebih pada arus yang menyebabkan munculnya beberapa masalah pada generator. Karena pada dasarnya sistem generator dibuat untuk mampu bertahan atas arus yang jumlahnya berlebih, namun sangat tidak dianjurkan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya pada arus listrik juga terdapat masalah lain yakni tidak keluarnya tegangan. Pada saat keadaan ini terjadi hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu apakah breaker sudah dinaikkan atau belum, jika breaker sudah dinaikkan namun tegangan tetap belum keluar, ada kemungkinan bahwa kabel power dalam keadaan terhubung langsung sebelum genset dinyalakan.

Untuk mencegah gangguan seperti di atas, ada baiknya Anda selalu memperhatikan genset walau sedang tidak digunakan.Untuk mengetahui https://sewatama.com/produk/power-rental/sewa-genset-solusi-kelistrikan/selalu kunjungi sewa loadbank disini untuk kelanjutan informasinya.