Mengajari Anak Agar Tidak Pemalu

mengajari-anak-agar-tidak-pemalu

Mempunyai seorang anak yang memang berani tampil di muka umum tentunya hal itu merupakan dambaan bagi setiap orang. Apalagi ketika ia masih kanak-kanak saat usia yang sangat menggemaskan tersebut tentunya merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi kita jika anak kita mulai berani tampil di panggung walaupun masih banyak kesalahn. Misalnya saja ketika anak kita disuruh nyayi di panggung ataupun membaca hafalan juz’ama di panggung tanpa malau-malu walaupun masih ada beberapa kata yang salah. Tentunya hal itu dapat membuat orang tua yaitu kita menajdi bangga.

Namun ada beberapa juga yang memang anaknya pemalu. Ia mempunyai potensi besar dalam hal menyanyi misalnya, ataupun dalam hal menghafal hafalannya sangat kuat. Tapi untuk tampil di muka umum ia tidak mempunyai keberanian. Sebagai orang tua tentunya sangat kahawatir juga, terlebih lagi jika dewasa dikhawatirkan anak tersebut menjadi seorang yang pendiam dan pemalu juga.

Cara kita untuk mendidik anak kita untuktidak pemalu, yaitu dengan cara memberikan motivasi pada anak kita, menanamkan rasa percaya diri pada anak kita dengan perkataan perkataan yang halus. Jika ia mulai berani tampilan, berikan apresiasi yang bikin anak kita senang. Jika ada kesalahan saat ia tampil, jangan beri tahu kepada anak kita bahwa telah melakukan kesalahan. Memberikan umpan balik kasihlah dengan tepuk tangan serta pujian dan juga bisa beri ia reward berupa mainan yang ia sukai.