Sajian Keindahan Alam Tour Raja Ampat

Raja Ampat merupakan sebuah kepulauan yang tersusun dari rangkaian empat gugusan pulau yang berada saling berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepulauan Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Dalam cacatan administrasi negara kita, gugusan pulau Raja Ampat ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Empat gugusan pulau yang berada di kepulauan Raja Ampat ini diantaranya Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Sulawati, dan Pulau Batanta. Saat ini, kepulauan ini sudah menjadi sebuah sasaran wisata bagi para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan alam bawah lautnya. Tour Raja Ampat sudah melekat sebagai sebutan kepulauan ini sejak menjadi salah satu tempat wisata favorit pengunjung.

Meskipun tour Raja Ampat ini seringkali dikunjungi oleh para penyelam, akan tetapi tempat wisata ini juga cocok untuk wisatawan yang tidak dapat menyelam. Hal tersebut karena pulau ini juga memiliki pantai berpasir putih yang tak kalah indah dengan lautnya. Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat gugusan pulau-pulau karst yang memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Pemandangan-pemandangan indah yang disajikan di tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai objek berfoto ria bagi pengunjung yang senang mengabadikan momen dengan berselfie.Bukan hanya menyajikan keindahan alam yang mempesona, tempat wisata ini juga memiliki kekayaan flora dan fauna endemik yang unik seperti cendrawasih merah, cendrawasih wilson, maleo waigeo, beraneka verietas atau jenis burung kakak tua, beraneka jenis burung nuri, kuskus waigeo, dan beragam jenis tanaman anggrek.

Perlu anda ketahui bahwa di tour Raja Ampat juga melakukan usaha-usaha konservasi untuk menjaga kelestarian bawah laut kepulaian Raja Ampat ini. Ada dua lembaga internasional yang ikut berpartisipasi dalam usaha konservasi laut tersebut yaitu CI atau Conservation International dan TNC atau The Natur Conservancy. Beberapa kawasan laut di sekitar pulau-pulau kecil seperti Gam, Mansuar, kelompok Yaben, dan kelompok Batang Pele sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan suaka margasatwa laut. Kawasan tersebut merupakan kawasan laut di sekitar Weigo Selatan.