Stanford Gagal Jadi Universitas Terbaik Dunia, Indikator Ini Penyebabnya

Setelah dibuat kagum oleh aktris multitalent Maudy Ayunda yang dilema karena diterima di dua kampus ternama dunia sekaligus yakni di Stanford university untuk program MBA dan Harvard university untuk program magister pendidikan. Akhirnya maudy, memilih Stanford sebagai universitas nya untuk mengenyam pendidikan magister atau S2. Namun ternyata Stanford bukanlah universitas terbaik dunia. Stanford harus puas diurutan kedua setelah nilai rekapitulasinya diungguli oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang mampu mempertahankan title sebagai universitas terbaik  nomor Wahid dunia bahkan selama 6 tahun berturut-turut.

Rekapitulasi penilaian universitas terbaik dunia ini dilakukan oleh Quackquarelli Symonds (QS)  World University Ranking  dengan indikator penilaian meliputi reputasi akademi, reputasi alumni, kualitas tenaga pengajar dan penampilan internasional. Tahun ini, hampir 1,000 universitas dari 84 negara dinilai.

Sebenarnya Menurut tabel penilaian, semua indikator Standford tidak kalah dari MIT, Stanford dan MIT mendapat nilai sempurna 100.00 untuk 3 indikator penilaian yakni employer reputation, faculty student, academic reputation serta hanya terpaut 0.4 point dari MIT yang mendapatkan nilai 99.9 untuk citations per faculty. Tapi sayangnya jumlah mahasiswa internasional di Stanford masih kalah jauh jika dibandingkan dengan MIT. Hal ini terlihat dari indikator penilaian international student, MIT dengan 96.1 point dan Stanford jauh dibawahnya hanya 72.7 point

Wah, sangat ketat ya ternyata persaingan universitas ternama untuk menjadi universitas terbaik dunia. Berminat jadi mahasiswanya?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *